Pemkab

Wamentan dan Bupati Dairi Lakukan Tanam Sorgum di KPT Desa Lau Mil

Dairi- Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi bersama Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu lakukan penanaman sorgum dalam rangka pencanangan Kawasan Pertanian Terpadu (KPT) tanaman sorgum dan jagung di Desa Lau Mil Kecamatan Tigalingga, Jumat (09/12/2022).

Hadir juga dalam kegiatan ini beberapa pejabat dari Kementerian Pertanian pusat, Kadistan Provsu, Kadis Perkebunan Provsu, anggota DPRD Dairi Charles Tamba, Dandim 0206 Dairi, Wakapolres Dairi, asisten perekonomian dan pembangunan, JW Purba, Kadistan, Robot Simanullang, Kadis Perindagkop, Iwanta Berutu, beberapa Camat, Bank BRI, Koperasi AUR Dairi Botanika, kepala desa, dan para masyarakat petani.

Selain tanam bersama Sorgum, dilakukan juga panen jagung bersama dirangkai dengan Penandatanganan MoU antara Pemkab Dairi, PT Bank BRI serta Koperasi AUR Dairi Botanika, tentang kerjasama pembiayaan sektor pertanian di Kabupaten Dairi, penandatanganan MoU antara Pemprovsu, Pemkab Dairi, dengan PT Samda Toba Farm dari Korea Selatan yang diwakili oleh Mikhael, serta penyerahan bantuan secara simbolik oleh wamentan RI kepada Pemkab Dairi berupa Benih Jagung untuk 2000 Ha lahan, penyerahan bantuan benih padi untuk 1000Ha lahan, dan penangkaran sorgum untuk lahan seluas 20 Ha.

Dalam arahannya sebelum tanam bersama, Wamentan menyampaikan rasa kagum dan salutnya pada Bupati Eddy Berutu yang getol mengunjungi kantor Dinas Pertanian di Jakarta untuk membantu pertanian Kabupaten Dairi.

“Salut Bupati Dairi. Program ini sebaiknya harus didukung oleh kabinet dibawahnya,” katanya memuji semangat Bupati.

Dijelaskan progam sorgum ini adalah untuk cadangan pangan. Disebut kita Biarkan pertanian itu mengacu pada karakteristik pertanian di daerahnya sendiri asal selalu dipantau agar pertanian apapun yang dilakukan ini disiplin berhasil sehingga kita

” Yang jelas pemerintah senantiasa berkomitmen untuk meningkatkan program pertanian demi kedaulatan pangan,” katanya menambahkan.

Sebelumnya, Bupati menyampaikan kegiatan ini ini diadakan adalah sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan petani sekaligus menekan angka inflasi walau dibeberapa komoditi negara kita mengalami surplus.

“Kami yakin kunjungan ini akan berdampak baik bagi pertanian di tahun berikutnya. Ekonomi kita memang terpusat pada sektor pertanian,” kata bupati optimis.

Sesuai arahan wamen kata bupati, Kabupaten Dairi telah membuka lahan untuk kita buka sebagai demonstration plot (demplot) tanaman sorgum. Karena memang sorgum saat ini sangat diperlukan baik untuk konsumsi atau untuk industri.

“Sebagai laporan kami sudah siapkan 2 Ha lahan untuk tanaman sorgum yang akan kita lakukan tanaman bersama nanti. Kita ingin kedepan, petani plasma lain mengikuti langkah ini,” katanya mengakhiri.(ds)

Berita Terkait

Back to top button