Jelang Launching, Diskominfo Dairi dan PT. Jasnita Telekomindo Tbk Beri Pelatihan Operator Layanan Dairi Siaga 112
Sidikalang – PT. Jasnita Telekomindo Tbk (JAST) bersama Diskominfo Kab. Dairi melakukan pelatihan terhadap calon Operator/calltaker Layanan Dairi Siaga 112 selama 3 (tiga) hari sejak tanggal 20 s/d 22 April 2022 bertempat di Ruangan Call Center 112 untuk memperkenalkan Aplikasi Sakti yang melayani kedaruratan dan Aplikasi Sidumasda yang melayani pengaduan terhadap pelayanan publik.
“Antusiasme peserta terlihat dari pertanyaan terkait jenis fitur dan penggunaan aplikasi yang disediakan, bahkan beberapa dari peserta memberikan masukan redaksi kata pada fitur Smart Question yang berisi daftar pertanyaan yang akan diajukan operator pada saat pelapor melakukan panggilan kedaruratan,” ujar Rusdan Winanda selaku Pelatih Tenaga Teknis dari Jasnita.
Calon operator yang mengikuti pelatihan berasal dari Organisasi Perangkat Daerah yang menangani kedaruratan antara lain Diskominfo 2 orang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah 1 orang, Dinas Kesehatan 1 orang, Dinas Sosial 1 orang , total jumlah calon operator yang mengikuti pelatihan sebanyak 5 orang.
Selanjutnya setelah pelatihan pengenalan dan penggunaaan aplikasi untuk Layanan Dairi Siaga 112 calon operator akan menerima pelatihan yang berhubungan dengan keterampilan komunikasi, kemampuan memilah masalah kedaruratan, kemampuan membaca situasi dan keterampilan lainnya yang disebut dengan soft skill.Dengan pengetahuan dan ketrampilan komunikasi serta penguasaan terhadap aplikasi dan peralatan serta perangkat kerja oleh operator maka Kabupaten Dairi siap untuk melaksanakan Layanan Dairi Siaga 112 dan Pengaduan.
“Dengan adanya pelatihan ini diharapkan para calon operator (calltaker) layanan Dairi Siaga 112 dapat mengasah kemampuannya dalam hal menggunakan aplikasi, sehingga pelayanan Dairi Siaga 112 dapat berjalan sesuai dengan yang kita inginkan kedepannya”, sebut Judith Napitu selaku Kabid Sumber Daya Komunikasi Publik dan Akses Informasi.