Dinas Perpustakaan dan Kearsipan

DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN DAIRI KEMBALI TERIMA MAHASISWA UNTUK KEGIATAN PENELITIAN

Sidikalang, 15 April 2022

Hari Kamis kemarin, tepatnya 14 April 2022 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Dairi kembali menerima kedatangan seorang mahasiswa asal Universitas Negeri Medan.
Adapun mahasiswa yang datang atas nama Benzisno Josua Simanjorang, warga asli Dairi yang sedang kuliah pada Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan.
Kedatangan adik mahasiswa ini diterima langsung oleh Kepala Dinas DPK Kabupaten Dairi Bapak Drs. Marisi Sianturi, M.Si diruang kerja nya.

Disampaikan oleh adik Benzisno kepada pak Kadis, bahwa tujuan kedatangannya ke DPK Kabupaten Dairi adalah untuk mohon melakukan penelitian tentang Sejarah Kuasa Batak Toba di Tanah Dairi sejak Tahun 1960 sampai tahun 2017, yang mana tujuan dari penelitian tersebut adalah untuk mendapatkan data tentang sejarah kuasa batak toba di dairi pada kurun waktu tersebut, dan selanjutnya akan dituangkan dalam skripsi nya nanti.

Pada kesempatan itu, Pak Kadis DPK Drs. Marisi Sianturi, M.Si menyampaikan senang dan bangga atas kedatangan adik mahasiswa tersebut.

“Kita senang dan bangga atas kedatangan adik mahasiwa, karena Dinas Perpustakaan ini dapat membantu adik-adik mahasiswa, dan menjadi nilai tambah tersendiri bagi dinas ini, bahwa Dinas Perpustakaan dan Kearsipan ini bukan hanya tempat membaca buku saja, tetapi juga menjadi tempat penelitian “, ucap Pak Kadis.

“Sebelumnya, diawal Februari Dinas kita ini juga kedatangan Panji Budiarto dari Universitas Sumatera Utara untuk penelitian tentang pengelolaan arsip dinamis, selanjutnya dibulan Maret kedatangan 2 orang adik mahasiswa dai Universitas HKBP Nommensen untuk tujuan kuliah praktek dan pengabdian masyarakat (KPPM), dan masih berlanjut hingga bulan Juni nanti’, sambung beliau lagi.

Pak Kadis juga memberikan dukungan penuh atas kegiatan yang akan dilaksanakan nantinya. “Dengan metode penelitian historis, dengan melihat data dan sejarah para mantan Kepala Daerah di Kabupaten Dairi, yang seluruhnya ada di ruang depot arsip”, sambung beliau.

Tidak butuh waktu lama, dihari yang sama Pak Kadis juga langsung mengarahkan adik mahasiswa tersebut ke ruangan Kepala Seksi Pembinaan dan Pengelolaan Arsip. Hal ini sangat tepat mengingat seksi pembinaan dan pengelolaan arsip merupakan seksi yang mengurus hal-hal terkait penyimpanan dan penataan arsip, dan seksi ini juga yang tahu arsip apa saja yang tersimpan diruang depot arsip.

Diruang seksi pembinaan dan pengelolaan arsip, adik mahasiswa bertemu langsung dengan Kepala Seksi Pak Ranap Sinaga dan Staff seksi pembinaan dan pengelolaan Pak Humisar Panggabean. Begitu selesai perkenalan, komunikasi langsung terjalin, dengan mulai membahas hal-hal yang dianggap penting pada kegiatan penelitian dimaksud.

#dairiunggul

#kerjakerjakerja

#salamsehat

#arsip

#menjagaarsipmembangunperadaban

Berita Terkait

Back to top button